Pelayanan Penunjang Umum


Pelayanan penunjang medis adalah pelayanan yang bertujuan membantu menegakkan diagnosa medis.
Dengan ditegakkannya diagnosa medis yang tepat, maka pelayanan rawat jalan maupun rawat inap
dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. Pelayanan penunjang medis terbagi menjadi tiga jenis pelayanan
yaitu pelayanan penunjang medis tindakan, pelayanan penunjang medis diagnostik dan penunjang medis pelengkap.

 Tindakan


  1. Intalasi Gawat Darurat (IGD)

    Adalah pelayanan tindakan medis yang dilakukan kepada pasien yang sedang menghadapi kondisi kritis atau darurat.
    Pelayanan ini melayani 24 Jam sehari / 7 hari seminggu.


  2. Ruang Bersalin

    Adalah pelayanan dimana tindakan persalinan secara normal dilakukan, baik oleh dokter spesialis kandungan maupun oleh bidan.


  3. Instalasi Bedah Sentral (IBS)

    Adalah pelayanan dimana tindakan pembedahan / operasi untuk berbagai jenis kasus bedah dilakukan.


  4. Unit Hemodialisa

    Adalah pelayanan dimana pasien yang membutuhkan Cuci Darah menerima pelayanan.
    Dengan 8 buah alat cuci darah, RS Panti Wilasa Citarum melayani pasien secara terjadwal sesuai dengan perjanjian.


  5. Fisioterapi

    Adalah pelayanan dimana pasien yang membutuhkan terapi yang bersifat fisik menerima pelayanan.
    Jenis terapi yang disediakan pada layanan fisioterapi antara lain adalah : terapi okupasi, terapi pemanasan, terapi pijat, terapi wicara, terapi air, dll.


 Diagnostik


  1. Radiologi

    Adalah pelayanan pemeriksaan diagnostik melalui pengambilan gambar bagian dalam tubuh dengan sinar x maupun magnetic dan gelombang radio. Pelayanan ini siap melayani 24 Jam sehari.
    Jenis peralatan yang tersedia di RS Panti Wilasa Citarum selain alat radiologi konvensional, juga tersedia CT Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI) 0.4 tesla, dan panoramic cephalometric.


  2. Laboratorium

    Adalah pelayanan pemeriksaan diagnostik melalui analisa cairan tubuh yang diambil sebagai spesimen. Pelayanan ini siap melayani 24 Jam sehari.


 Pelengkap


  1. Farmasi

    Adalah pelayanan penyediaan obat-obatan baik untuk pasien yang menjalani pelayanan rawat jalan maupun rawat inap yang siap melayani 24 Jam sehari. Selain pelayanan penyediaan obat bagi para pasien, Farmasi di RS Panti Wilasa Citarum juga dilengkapi dengan e-prescription, dimana pasien bisa langsung mengambil obat ke Farmasi tanpa harus membawa resep karena dokter langsung memasukkan resep di komputer.


  2. HOMECARE

    Adalah pelayanan kunjungan ke rumah oleh perawat, dokter atau fisioterapis yang disediakan bagi pasien yang membutuhkan perawatan di rumah. Pelayanan ini memberikan beberapa nilai lebih dibandingkan perawatan yang dilakukan di rumah sakit : (1) Pasien tidak harus datang / di rawat di rumah sakit (2) Keluarga pasien tidak perlu repot menunggu di rumah sakit (3) Biaya lebih ringan dibandingkan dengan biaya rawat di rumah sakit.


  3. Senam Hamil

    Adalah pelatihan senam dan edukasi bagi ibu hamil untuk mempersiapkan diri memasuki masa persalinan. Senam hamil dijadwalkan tiga kali setiap minggunya, yaitu hari : Kamis (17.00 - 18.00 WIB), Sabtu (09.00 - 10.00 WIB), dan Minggu (10.00 - 11.00 WIB). Peminat bisa langsung hadir di tempat sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.


  4. Pijat Bayi

    Adalah terapi pemijatan yang diberikan kepada bayi. Selain melakukan pemijatan, petugas juga memberikan edukasi kepada orang tua bagaimana cara memijat bayinya sendiri. Pijat bayi bisa dilakukan di Klinik KIA RS Panti Wilasa Citarum setiap hari Senin - Sabtu pukul 08.00 - 12.00 WIB.


  5. MCU (Medical Check Up)

    Adalah pelayanan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Tersedia beberapa paket kesehatan yang ditawarkan kepada para pasien. Pelayanan Medical Check Up bisa dilakukan secara perorangan maupun secara kolektif, selama sudah membuat perjanjian sebelumnya

© 2022 RS Panti Wilasa Citarum DEV SukipTech ALLRIGHT RESERVED| Design by W3layouts