PROFILE UMUM

----

Nama

Tipe

Kelas

Kepemilikan

Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum)

Alamat

Jl. Citarum No.98 Semarang, Jawa Tengah - Indonesia 50121

Kapasitas

Pelayanan

Rawat Inap

Rawat jalan

Penunjang Medis

Penunjang Umum

Sejarah


 Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum adalah sebuah rumah sakit umum kelas madya (C) yang merupakan salah satu unit kerja dari Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (YAKKUM), yaitu sebuah yayasan kesehatan kristen yang berdiri sebagai hasil kerjasama antara Sinode Gereja Kristen Jawa dan Sinode Gereja Kristen Indonesia.

Pendirian Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan Rumah Sakit Bersalin Panti Wilasa yang  didirikan pada 19 Januari 1950 di Jl.Dr.Cipto No.50 Semarang.. Pada tahun 1966, para pengurus yayasan mencetuskan ide untuk membangun Rumah Sakit Bersalin Panti Wilasa di lokasi lain karena tempat yang lama sudah tidak memungkin­kan dilakukan perluasan gedung baru. Setelah beberapa lama mencari lokasi yang tepat, pada bulan Mei 1969 diperoleh sebidang tanah di kelurahan Mlatiharjo, tepatnya di Jalan Citarum 98 Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur.

Pembangunan rumah sakit ini dimulai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 8 November 1969. Proyek pembangunan dipimpin oleh Dr. A. Hoogerwerf dan pelaksananya Bapak Ko Kian Giem (Djoni Mandali) sedangkan pendanaan dari pembangunan ini diperoleh dari Pemerintah Negeri Belanda. Pembangunan rumah sakit ini diselesaikan pada tanggal 25 April 1973 di atas tanah seluas 22.528 M2 dengan luas gedung 10.557 m2.

Seusai pembangunan tersebut, pada tanggal 5  Mei 1973, Rumah Sakit Bersalin Panti Wilasa di Jl.Citarum No.98 yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan berupa : Pemeriksaan ibu hamil, tindakan persalinan dan perawatan paska persalinan, Keluarga Berencana, pemeriksaan anak dan merawat anak-anak sakit, Imunisasi, serta diperlengkapi dengan institusi pendidikan berupa Sekolah Bidan dengan lama pendidikan 4 tahun, dires­mikan oleh Menteri Kesehatan R.I. yang diwakili oleh Dr. Suhasan, Kepala Direktorat Kedokteran.

Pada tahun 1980 Rumah Sakit Bersalin Panti Wilasa mengajukan  perubahan status dari Rumah Sakit Bersalin Panti Wilasa menjadi Rumah Sakit Umum Panti Wilasa I. Dengan mempertimbangkan pelayanan Rumah Sakit Bersalin Panti Wilasa kepada masyarakat, pada tanggal 22 Mei 1980 ijin perubahan status tersebut dikeluarkan oleh Depkes RI No. 807/Yan.Kes/RS/80.

Perubahan status tersebut membawa dampak pada perubahan pelayanan rumah sakit yang sudah ada. Pada bagian rawat jalan terdapat pelayanan Unit Gawat Darurat dan  pelayanan poliklinik, sedangkan di  bagian rawat inap terdapat bangsal yang digunakan untuk merawat pasien paska persalinan, penyakit anak dan penyakit umum. Disamping  itu Sekolah Bidan yang ada, dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) dengan didasarkan kepada Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor :

93/KEP/DIKLAT/KES/81 tanggal 26 Mei 1981. Pelayanan lain yang ditambahkan di tahun yang sama dalam rangka mewujudkan pelayanan yang bersifat lebih holistik adalah pelayanan Pas­toral dan pelayanan Unit Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM).

Pada acara peringatan HUT RS.Panti Wilasa I ke-21 tanggal 5 Mei 1994, oleh Ketua Pengurus YAKKUM Cabang Semarang (Drs. Soegarno Hadijoedopramono) dicanangkan perubahan  nama  dari RS.Panti Wilasa I menjadi  RS. Panti Wilasa "Citarum" sedangkan RS. Panti Wilasa  II diganti dengan nama RS. Panti Wilasa "Dr. Cipto". Hal ini  di dasarkan pada pentingnya untuk melakukan antisipasi terhadap kerancuan persepsi antara RS. Panti Wilasa I  dan RS. Panti Wilasa II sehingga masing-masing mempunyai nama sendiri-sendiri. Dan mulai tanggal 29 Agustus 1995 Rumah Sakit Panti Wilasa I resmi berubah nama menjadi RS. Panti Wilasa “Citarum” Semarang dengan SK Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI No. YM. 02.04.3.5.3830.

Bidang Pelayanan Medik, Bidang Pelayanan Gawat Darurat, Bidang Pelayanan Rekam Medik, dan Bidang Pelayanan Perawatan dari Dirjen Pelayanan Medik Depkes RI (Dr. H. Soejoga, MPH) dengan nomor akreditasi : YM.02.03.3.5.5236. Dengan diperolehnya status akreditasi penuh untuk lima bidang, maka RS.Panti Wilasa “Citarum” terus melakukan pengembangan - pengembangan, baik fisik bangunan, peralatan dan sarana kerja maupun sumber daya manusia.

Pada tanggal 26 Desember 1997 RS. Panti Wilasa “Citarum” memperoleh AKREDITASI PENUH pada lima bidang pelayanan yaitu Bidang Pelayanan Administrasi Manajemen,

Pada bulan Januari 2001 mulai dioperasikan Bangsal Geriatri (bangsal perawatan lansia) dengan kapasitas  12 tempat tidur, Ruang Aula dengan kapasitas 300 orang dan Ruang Hemodialisa (unit cuci darah), serta pada tanggal 1 September 2001 diresmikan gedung Akademi Kebidanan Panti Wilasa.

Untuk menjaga dan mempertahankan mutu pelayanan dan profesionalisme disegala bidang, maka pengembangan sumber daya manusia akan terus ditingkatkan dan dikembangkan agar pelayanan rumah sakit dapat lebih optimal, efektif dan efisien dengan tetap mengutamakan mutu dan profesionalisme. Sebagai hasil dari upaya tersebut diatas, tanggal 19 Januari 2002 Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum menerima Sertifikat Akreditasi Tingkat Lanjut 12 bidang pelayanan yaitu Bidang Pelayanan Administrasi dan Manajemen, Bidang Pelayanan Rekam Medik, Bidang Pelayanan Medik, Bidang Pelayanan Gawat Darurat, Bidang Pelayanan Keperawatan, Bidang Pelayanan Farmasi, Bidang Pelayanan Laboratorium, Bidang Pelayanan Radiologi, Bidang Pelayanan Kamar Operasi, Bidang Pelayanan Perinatal Risiko Tinggi, Bidang Pelayanan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit, dan Bidang Pelayanan K-3 oleh Direktur Jendral Pelayanan Medik Dinas Kesehatan RI (Prof.DR.M.Ahmad Djojosugito, MHA, FICS) dengan Nomor akreditasi : YM.00.03.2.2.2038.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa layanan penunjang diagnostik khususnya pada layanan laboratorium, radiologi dan farmasi, Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” pada awal tahun 2005 mempersiapkan diri untuk menjalani uji kompetensi ISO 9001:2000 melalui SAI Global yang berpusat di Australia. Setelah melalui serangkaian persiapan dan ujian berkenaan dengan layanan penunjang diagnostik laboratorium, radiologi, dan farmasi akhirnya pada tanggal 18 Mei 2005 Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” menerima sertifikasi ISO 9001:2000 untuk kualitas mutu. Sertifikasi tersebut terus dipertahankan pada periode pengujian berikutnya pada tahun 2008.

Seiring dengan perkembangan waktu, beberapa pengembangan fisik bangunan juga terus dilakukan oleh Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” sehingga luas gedung rumah sakit menjadi 11.492 m2 dan luas tanah menjadi 21.737 m2.  Selain perubahan fungsi dari ruangan perawatan Geriatri pada tanggal 1 Februari 2007 yang semula difungsikan sebagai ruang perawatan lansia, menjadi ruang High Care Unit yang berfungsi sebagai ruang perawatan pasien yang memiliki kebergantungan tinggi dalam perawatannya. Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” juga memperlengkapi sarana medisnya dengan penyediaan Computerized Radiology, Computed Tomography Scanning, Magnetic Resonance Imaging, Panoramic Cephalometric dan Colposcopy untuk membantu penegakan diagnosa medis.

Untuk lebih memberikan keleluasaan bidang kependidikan, maka terhitung tanggal 1 Juli 2008 Akademi Kebidanan Panti Wilasa menjadi akademi dengan manajemen yang mandiri dan terpisah dengan manajemen rumah sakit.

Pada tanggal 15 sampai dengan 17 April 2008, telah dilakukan survei ISO 9001:2008 tahap II untuk bidang pelayanan Laboratorium, Radiologi dan Farmasi. Hasil survei kedua tersebut menyatakan bahwa RS Panti Wilasa Citarum berhak untuk menerima sertifikasi ISO 9001:2008 tahun II dengan nomor registrasi QEC21987 yang diserahkan pada tanggal 15 Mei 2008 dan berlaku sampai dengan 18 Mei 2011.

Demi memenuhi standar rumah sakit yang ditentukan oleh pemerintah, pada tanggal  15 sampai dengan 17 Februari 2010, telah dilaksanakan survei akreditasi 16 pelayanan oleh KARS-KEMENKES R.I. Survei akreditasi ini menyatakan bahwa pada tanggal 29 Maret 2010 RS Panti Wilasa Citarum dinyatakan TERAKREDITASI PENUH TINGKAT LENGKAP ( 16 pelayanan) dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik no. YM.01.10/III/1608/2010.

Menindaklanjuti audit berkala dari tim ISO 9001:2008, pada tanggal 7 – 8 April 2011 RS Panti Wilasa Citarum telah menjalani audit mutu untuk resertifikasi ISO 9001:2008 dan telah dinyatakan lulus berlaku sampai dengan 2014.

Kebutuhan untuk mengembangkan fasilitas dan layanan yang lebih baik membuat RS Panti Wilasa Citarum terdorong melakukan penambahan bangunan. Pada tanggal 09 Mei 2012 diresmikanlah Gedung Medik Sentral empat lantai oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Anung Sugihantono, M.Kes dengan didampingi oleh Ketua Pengurus Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum) Ir. Leksono Probo Subanu, MURP, Ph.D. Gedung empat lantai ini merupakan pusat layanan medis yang tediri dari :

  1. Lantai Dasar : Instalasi Gawat Darurat dan Ruang Bersalin
  2. Lantai 1 : Intensive Care Unit dan Kamar Operasi
  3. Lantai 2 : High Care Unit, Perinatologi, dan Hemodialisa
  4. Lantai 3 : Ruang perawatan VIP Flamboyan
  5. Dengan pengembangan tersebut saat ini kapasitas tempat tidur yang tersedia di RS Panti Wilasa Citarum sebanyak 201 tempat tidur.

© 2023 RS Panti Wilasa Citarum DEV SukipTech ALLRIGHT RESERVED| Design by W3layouts