Kritik & Saran

Pendaftaran Online

Petunjuk Jalan

Tidak hanya enak dijadikan bahan sayur atau jamu, ternyata manfaat asam jawa dapat mendukung kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Asam jawa atau tamarind merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari India. Pohon asam jawa ini menghasilkan buah yang bisa dimakan dan sering kali digunakan sebagai bahan masakan dan racikan minuman di seluruh dunia.


 

Mengenali Manfaat Asam Jawa

Secara umum asam jawa aman dikonsumsi. Ada berbagai manfaat asam jawa, meski sebagian manfaat masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat asam jawa bagi kesehatan:

Namun, asam jawa merupakan salah satu buah yang tinggi kalori dibandingkan buah lainnya, sehingga tidak disarankan bagi Anda yang sedang mengontrol asupan kalori.

Selain itu, meski kemungkinan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, asam jawa tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Asam jawa juga disarankan agar tidak dikonsumsi dua minggu sebelum operasi, karena diduga dapat mengganggu kadar gula darahselama dan setelah operasi.

Resep Masakan dengan Asam Jawa

Setelah tahu berbagai manfaatnya, tak ada salahnya menikmati asam jawa dalam olahan masakan berikut ini.

Tahu Kari Panggang dengan Saus Asam Pedas

Bahan-bahan:

Cara membuat:

Asam jawa dapat digunakan untuk berbagai hidangan. Namun untuk menjadikan asam jawa sebagai obat untuk manfaat kesehatan, disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dulu. Terutama, jika asam jawa akan dikonsumsi bersamaan dengan obat medis.

 

Ditinjau oleh: dr. Allert Noya


2018 RS Panti Wilasa Citarum Semarang. All rights reserved