Kritik & Saran

Pendaftaran Online

Petunjuk Jalan

Perbandingan tes TUBEX dengan uji Widal

 

Uji Widal pertama kali diperkenalkan oleh Georges Fermand Isidore Widal (1862-1929), ia merupakan seorang dokter dan bacteriologist di Prancis. Tes ini merupakan alat dignostik demam tifoid yang paling sering digunakan di negara berkembang.

Salmonella typhi memiliki tiga jenis antigen yaitu: antigen O (somatic); antigen H (flagellar); dan antigen Vi(surface), maka tubuh akan membentuk mekanisme pertahanan tubuh berupa antibody sepesifik terhadap antigen tersebut. Prinsip dasar dari uji Widal yaitu mendeteksi munculnya agglutinin (antibody) O dan H pada serum milik pasien dengan menggunakan suspensi O dan H. Terdapat dua jenis pemeriksaan uji Widal yaitu tube Widal test dan slideWidal test. Slide Widal test lah yang paling popular digunakan karena memberikan hasil yang lebih cepat.

 

TUBEX merupakan alat diagnostik demam tifoid yang diperoduksi oleh IDL Biotech,Sollentuna, Sweden.

Tes ini sangat cepat 5-10min, simpel, dan akurat. Tes TUBEX inimenggunakan sistem pemeriksaan yang unik dimana tes ini mendeteksi serum antibodyimmunoglobulin M (Ig M) terhadap antigen O9 (LPS) yang sangat spesifik terhadap bakterisalmonella typhi.Pada orang yang sehat normalnya tidak memiliki Ig M anti-O9 LPS.

 

Enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA) adalah sebuah tes untuk mendeteksi adanya antibody Ig G, Ig A, dan Ig M anti-LPS salmonella typhi. Antigen yang digunakan berupasubselular struktur yaitu LPS, outer membrane (OM), flagella (d-H) yang sangat spesifik terhadap s.typhi, yang paling bagus memberikan hasil adalah LPS dan OM antigen. Tes uji diagnostik ini jauh lebih sensitive dan spesifik daripada uji Widal. Oleh karena itu, tes inihanya perlu menggunakan satu kali tes sempel darah pasien untuk menegakkan diagnosis demam tifoid tidak seperti uji Widal yang memerlukan penggulangan.

 

Dibandingakan antara tes TUBEX , ELISA dengan uji Widal akan ditemukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Antigen yang digunakan pada tes TUBEX adalah anti-O9 s.typhi yang mampu membedakan organisme ini dari >99% serotype bakteri salmonella lainnya,sedangkan uji Widal menggunakan antigen yang tidak begitu spesifik terhadap s.typhi sehingga dapat terjadi cross-reaction dengan kuman salmonella lainnya misalnya pada pasien yang pernah menderita enteric fever lainnya. Reaksi ini dinamakan anamnestic response dan dapat menimbulkan tingginya nilai positi palsu.Hal tersebut menjawab alasan dari kurang spesifiknya uji Widal dibading TUBEX
  2. TUBEX dan ELISA lebih sensitive daripada uji Widal. Single test pada uji Widal tidak begitu bermakna. Idealnya uji widal dilakukan dua kali yaitu pada fase akut dan 7-10 hari setelahnya, berbeda dengan tes TUBEX yang fokus mendeteksi Ig M yang secara teoritis muncul lebih awal daripada Ig G. Bahkan penelitian terbaru mengatakan bahwa tes TUBEX yang dimodifikasi mampu mendeteksi bukan hanya antibody melainkan antigen s.typhi, sehingga tes ini sangat berguna pada fase akut. Hal ini menyebabkan tingginya angka sensitivitas tes TUBEX.
  3. Harga ELISA dan TUBEX relatif lebih mahal dibanding Widal. Persamaan yang dimiliki oleh widal dan TUBEX adalah sangatlah penting adalah proses pengerjaan yang relatif mudah; simpel (one-step); tidak membutuhkan alat-alat canggih dan mahal, sehingga kedua tes ini dapat diterapkan pada daerah edemik yangcenderung merupakan negara berkembang.
  4. Uji Widal memberikan hasil tes yang bersifat qualitative ,TUBEX merupakan tes yang subjektif dan semiquantitative dan ELISA merupakan tes yang objektif dan quantitative.
  5. Tes TUBEX ini lebih simpel dari ELISA yang menggunakan multi-step.

dr. Danu Adi Prakosa Darmawan


© 2018 RS Panti Wilasa Citarum Semarang. All rights reserved