201807270d9e275e6a8d17f5ac864f1c8836e4bd07f0e158083917


Kritik & Saran

Pendaftaran Online

Petunjuk Jalan



Panti Wilasa Card adalah sebuah kartu yang dicetak oleh Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum yang bertujuan selain sebagai kartu identitas pemilik kartu juga sekaligus sebagai kartu yang memberikan potongan biaya kepada para pemiliknya.

Dengan biaya Rp. 30.000,- per tahun, Pemilik kartu Panti Wilasa Card memperoleh benefit sebagai berikut :

  1. Bebas biaya administrasi rawat jalan
  2. Potongan 5% biaya penggunaan semua kelas kamar perawatan rawat inap (VIP, I, II, III)
  3. Potongan 5% biaya pemeriksaan penunjang medis (Laboratorium, Radiologi, Fisioterapi, ECG) kecuali bila pemeriksaan tersebut dirujuk keluar RS Panti Wilasa Citarum
  4. Harga khusus untuk pemeriksaan Medical Check Up (tidak berlaku untuk tarif paket MCU RS Panti Wilasa Citarum)
  5. Harga khusus mengikuti seminar di RS Panti Wilasa Citarum
  6. Kartu bisa digunakan di RS Panti Wilasa Citarum Semarang dan RS Panti Wilasa dr. Cipto Semarang dengan benefit yang berbeda.


Panti Wilasa Card adalah sebuah kartu yang dicetak oleh Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum yang bertujuan selain sebagai kartu identitas pemilik kartu juga sekaligus sebagai kartu yang memberikan potongan biaya kepada para pemiliknya.

Dengan biaya Rp. 30.000,- per tahun, Pemilik kartu Panti Wilasa Card memperoleh benefit sebagai berikut :

  1. Bebas biaya administrasi rawat jalan
  2. Potongan 5% biaya penggunaan semua kelas kamar perawatan rawat inap (VIP, I, II, III)
  3. Potongan 5% biaya pemeriksaan penunjang medis (Laboratorium, Radiologi, Fisioterapi, ECG) kecuali bila pemeriksaan tersebut dirujuk keluar RS Panti Wilasa Citarum
  4. Harga khusus untuk pemeriksaan Medical Check Up (tidak berlaku untuk tarif paket MCU RS Panti Wilasa Citarum)
  5. Harga khusus mengikuti seminar di RS Panti Wilasa Citarum
  6. Kartu bisa digunakan di RS Panti Wilasa Citarum Semarang dan RS Panti Wilasa dr. Cipto Semarang dengan benefit yang berbeda.

Ketentuan penggunaan Pantiwilasa Card

  1. Manfaat dari Kartu Panti WIlasa bisa digunakan dengan menunjukkan kartu yang masih berlaku kepada petugas RS Panti Wilasa Citarum pada saat melakukan transaksi baik rawat inap, rawat jalan maupun penunjang medis. Bila pasien tidak bisa menunjukkan kartu yang masih berlaku maka manfaat kartu tidak bisa diberikan, kecuali bisa dibuktikan kebenarannya oleh petugas.
  2. Kartu Panti Wilasa ini bersifat perorangan dan tidak bisa dipindahtangankan ke orang lain. Hanya yang namanya tercantum pada kartu yang memiliki hak menerima manfaat dari kartu.
  3. Manfaat dari Kartu Panti Wilasa tidak bisa digabungkan dengan manfaat lain dari layanan yang sedang dipromosikan oleh RS Panti Wilasa Citarum.
  4. Manfaat dari Kartu Panti Wilasa juga tidak bisa digabungkan dengan manfaat lain yang diberikan oleh asuransi / kartu yang lain, apabila pasien memiliki asuransi / kartu benefit yang lainnya.
  5. Selama proses pembuatan kartu selama + 2 minggu, pasien akan menerima kartu sementara dan tetap menerima manfaat dari kartu Panti Wilasa. Manfaat yang bisa langsung diperoleh oleh pasien adalah manfaat rawat jalan dan penunjang medis, sementara untuk manfaat rawat inap berlaku untuk pelayanan berikutnya.
  6. Masa berlaku dari kartu Panti Wilasa Card adalah 1 tahun, dan bisa diperpanjang kembali. Toleransi keterlambatan perpanjangan kartu adalah 1 bulan setelah kartu kadaluarsa, lebih dari itu dianggap tidak memperpanjang kartu.

    MINISTRY CARD

Ministry Card adalah kartu yang diterbitkan oleh RS Panti WIlasa Citarum dengan manfaat khusus yang diberikan kepada pendeta. Pemegang kartu adalah pendeta yang namanya tercantum pada Ministry Card. Benefit yang diperoleh dengan menggunakan Ministry Card adalah sebagai berikut:

  1. Bagi pemegang kartu yang memiliki dan menggunakan BPJS Kesehatan atau asuransi lainnya dapat menempati ruang rawat inap sampai dengan kelas VVIP tanpa iur biaya.
  2. Bagi pemegang kartu yang tidak memiliki / menggunakan BPJS Kesehatan atau asuransi lainnya berlaku:
  3. Rawat Inap
  4. Potongan 75% dari harga kamar rawat inap
  5. Potongan 100% dari biaya visite dokter purna waktu RS Panti Wilasa Citarum
  6. Potongan 10% dari biaya pemeriksaan penunjang medis yang tidak dikirim keluar RS
  7. Rawat Jalan
  8. Potongan 100% dari biaya pendaftaran rawat jalan
  9. Potongan 100% dari jasa pemeriksaan dokter purna waktu RS Panti Wilasa Citarum
  10. Potongan 10% dari biaya pemeriksaan penunjang medis yang tidak dikirim keluar RS
  11. Ministry Card dapat berlaku sebagai kartu pengunjung yaitu jam bebas berkunjung yang berlaku maksimal 3 [tiga] orang
  12. Bebas biaya parkir [berlaku untuk 1 nomor polisi mobil / motor yang sudah didaftarkan]

 

Ketentuan penggunaan Ministry Card :

  1. Cara penggunaan di Rawat Inap
  2. Pemegang kartu menunjukkan Ministry Card kepada petugas admisi rawat inap RS Panti Wilasa Citarum pada saat rawat inap
  3. Apabila kartu tidak dibawa, pemegang kartu diminta menginformasikan kepada petugas admisi rawat inap RS Panti Wilasa Citarum bahwa pemegang kartu memiliki Ministry Card, selanjutnya kartu disusulkan maksimal 1x24 jam setelah pemegang kartu di rawat.
  4. Apabila pemegang kartu tidak dapat menunjukkan Ministry Card seperti yang telah ditentukan maka manfaat tidak berlaku.
  5. Alur Pelayanan Rawat Inap
  6. Pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan atau Asuransi lainnya dan menunjukkan Ministry Card maka secara otomatis pasien dititipkan di R. Flamboyan / VVIP [sebagai pasien titipan VVIP, prosedur mengikuti haknya]
  7. Petugas admisi wajib memfotokopi kartu ministry card dan disertakan bersama  kelengkapan dokumen lainnya
  8. Petugas admisi mengisi kelengkapan dokumen lainnya dengan asuransi yang digunakan [contoh : BPJS Kesehatan dan Ministry Card atau Ministry Card saja untuk pasien umum]
  9. Alur Pelayanan Rawat Jalan

Ministry Card hanya berlaku untuk periksa dengan pribadi / umum

  1. Cara penggunaan di Rawat Jalan
  2. Pemegang kartu menunjukkan Ministry Card kepada petugas pendaftaran RS Panti Wilasa Citarum pada saat melakukan pendaftaran
  3. Apabila pemegang kartu tidak dapat menunjukkan Ministry Card pada saat mendaftar maka manfaat tidak berlaku.
  4. Cara penggunaan saat berkunjung

Pemegang kartu menunjukkan Ministry Card kepada petugas Satpam dan perawat saat berkunjung ke RS Panti Wilasa Citarum

Ministry Card RS Panti WIlasa Citarum berlaku selama 2 [dua] tahun. Apabila kartu rusak atau hilang, maka pemegang kartu dapat menghubungi Bagian Pastoral RS Panti Wilasa Citarum untuk mendapatkan kartu yang baru

 

OPERASI SUMBING GRATIS

Bekerjasama dengan The Smile Train Foundation, sebuah lembaga nirlaba dari Amerika Serikat yang mendedikaskan dirinya untuk membantu jutaan orang tidak mampu di seluruh dunia yang menderita sumbing baik bibir maupun langit-langit, Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum mengadakan operasi tersebut secara kontinyu untuk masyarakat umum baik di Semarang dan sekitarnya maupun di tempat lain sejak tahun 2008. Operasi yang diberikan kepada masyarakat ini bersifat Cuma-Cuma, atau tidak ada pungutan biaya sama sekali.

Apabila ada yang bermaksud mengikuti program operasi sumbing gratis ini, bisa langsung mendaftarkan diri via telepon ke RS Panti Wilasa Citarum kemudian menyertakan persyaratan dokumen sebagai berikut setelah mendapat konfirmasi dari RS Panti Wilasa Citarum:

  1. Membawa surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
  2. Membawa fotokopi KTP (Untuk pasien anak KTP orang tua disertakan) dan Kartu Keluarga
  3. Menandatangani surat persetujuan operasi dan ketentuan dari The Smile Train.
  4. Mengikuti prosedur pra dan paska operasi yang telah ditetapkan oleh RS Panti Wilasa Citarum

 

Selain persyaratan dokumen tersebut di atas, pasien harus memenuhi syarat fisik kelayakan menjalani operasi sebagai berikut :

  1. Usia minimal 10 minggu
  2. Berat badan minimal 5 kg
  3. Kadar hemoglobin minimal 10 gr %

Apabila pasien mengalami sumbing ganda (bibir dan langit-langit) maka operasi yang pertama dilakukan adalah operasi sumbing bibir dan operasi langit-langit sumbing akan dilaksanakan tiga bulan setelah operasi sumbing bibir dilaksanakan.

Bagi masyarakat umum yang membutuhkan informasi lebih lanjut ataupun bermaksud mendaftarkan diri / anggota keluarga/ kerabat / kenalan untuk menjalani operasi sumbing baik bibir maupun langit-langit di RS Panti Wilasa Citarum, silakan menghubungi bagian Humas RS Panti Wilasa Citarum di (024) 3542224-5 (Hunting) pswt 107 atau email di : humas.rspwc@gmail.com

KLINIK VCT

Klinik VCT (Volutarily Counseling and Testing) RS Panti Wilasa Citarum adalah sebuah klinik peduli HIV/AIDS yang pendiriannya didukung oleh GF-ATM (The Global Fund to fight AIDS, Tuberculosis and Malaria) pada bulan Juli 2005. Klinik ini adalah klinik mandiri dimana pribadi yang memiliki risiko tertular HIV / AIDS secara sadar dan sukarela datang ke klinik untuk menjalani konseling pra testing, konseling paska testing dan testing HIV/AIDS. Kerahasiaan klien sangat dijaga dalam klinik ini. Pelayanan yang terbuka setiap hari kerja mulai pukul 07.00 - 14.00 WIB ini sepenuhnya tidak dipungut biaya, meskipun demikian diharapkan para calon klien sudah melakukan perjanjian dengan para konselor / tim VCT.

Selain melakukan konseling dan testing di rumah sakit, tim VCT juga melakukan program-program di luar rumah sakit baik yang bersifat edukasi kepada masyarakat ataupun konseling dan pemeriksaan HIV AIDS para komunitas yang berisiko tertular HIV AIDS. Kegiatan ini disebut dengan VCT mobile.Informasi lebih lanjut berkenaan dengan pelayanan klinik VCT RS Panti Wilasa Citarum, silakan menghubungi Tim VCT RS Panti Wilasa Citarum di nomor hotline VCT Clinic (024) 70255323.
 

KLINIK TB-DOT

Klinik TB-DOTS (Tuberculosis - Directly Observed Treatment Short-course) RS Panti Wilasa Citarum adalah sebuah klinik peduli Tuberculosis (TBC) yang pendiriannya didukung oleh GF-ATM (The Global Fund to fight AIDS, Tuberculosis and Malaria). Klinik ini berdiri sebagai respon terhadap cepatnya penyebaran tuberculosis di Indonesia. Tujuan berdirinya klinik ini adalah memberikan pendampingan bagi pribadi diduga terpapar atau menderita tuberculosis agar memiliki kebiasaan baik meminum obat sampai dengan sembuh dari sakitnya, mengingat pemulihan penderita TBC ini membutuhkan waktu berbulan-bulan sampai benar-benar sembuh. Selain itu klinik TB-DOTS ini juga melakukan pemeriksaan cairan dahak dari pribadi diduga terpapar TBC menggunakan sputum untuk memastikan pribadi tersebut terpapar TBC atau tidak. Pelayanan klinik dan pengobatan dilakukan setiap hari kerja.

Informasi lebih lanjut berkenaan dengan pelayanan klinik TB-DOTS RS Panti Wilasa Citarum, silakan menghubungi bagian Humas RS Panti Wilasa Citarum di (024) 3542224-5 (Hunting) pswt 107 atau email di : humas.rspwc@gmail.com


Persadia
Komunitas Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia) unit RS Panti Wilasa Citarum berdiri pada 01 Mei 2007, sebagai wujud kepedulian RS Panti Wilasa Citarum kepada para penyandang Diabetes Mellitus. Persadia RS Panti Wilasa Citarum merupakan bagian dari Persadia Cabang Semarang yang berafiliasi secara nasional pada organisasi yang sama.

Meskipun komunitas yang bersifat spesifik, para anggota dan simpatisannya tidak hanya para penyandang Diabetes Mellitus, tetapi juga orang-orang yang beresiko Diabetes, orang yang memiliki anggota keluarga yang menyandang Diabetes dan juga masyarakat umum yang peduli dengan Diabetes maupun berkeinginan untuk hidup lebih sehat.

Kegiatan Persadia unit RS Panti Wilasa Citarum selain senam rutin yang diselingi dengan pemeriksaan tensi dan gula, menu DM, dan penyuluhan Gizi setiap hari Kamis pukul 06.45 – 07.45 WIB di areal RS Panti Wilasa Citarum. Komunitas ini juga memiliki kegiatan berupa seminar dan sarasehan kesehatan yang berhubungan dengan DM, outbound refreshing, serta perayaan hari raya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas Persadia Unit RS Panti Wilasa Citarum, silakan menghubungi bagian Customer Care RS Panti Wilasa Citarum di (024) 3542224-5 (Hunting) pswt 107 atau email di : humas.rspwc@gmail.com
 

Rikmo Pethak Rahmating Pangeran

Komunitas Lanjut Usia Rikmo Pethak Rahmating Pangeran [Ind. Rambut Putih Anugerah Tuhan] melaksanakan Grand Opening pembukaan pada tanggal 23 Februari 2013, meskipun sudah mulai melaksanakan kegiatannya sejak Oktober 2012. Komunitas ini berdiri sebagai bentuk kepedulian RS Panti Wilasa Citarum kepada para Lansia yang seringkali diabaikan oleh masyarakat.

Anggota dari komunitas ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, dengan rentang usia  45 – 59 tahun sebagai anggota pra lansia, dan rentang usia  60 tahun keatas sebagai anggota lansia. Karena kepeduliaan kepada Lansia bersifat holistik, sehingga faktor yang diperhatikan oleh Komunitas ini tidak hanya berkutat masalah kesehatan, tetapi juga masalah lain yang terhubung dengan Lansia seperti spiritualitas, kebugaran dan kreatifitas, kesejahteraan, dan keilmuan.

Dalam kegiatannya, Komunitas Lansia Rikmo Pethak Rahmating Pangeran berharap akan menjadi komunitas yang (1) menjadi proyek percontohan bagi komunitas lansia lain, (2) menjadi pendamping posyandu lansia, serta (3) menjadi pusat narasumber berkenaan dengan pelayanan lansia.

Kegiatan komunitas lansia dilaksanakan pada hari Sabtu, minggu ketiga setiap bulannya, dengan berbagai kegiatan yang disusun sesuai dengan kebutuhan para anggota dan simpatisannya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas Rikmo Pethak Rahmating Pangeran RS Panti Wilasa Citarum, silakan menghubungi bagian Customer Care RS Panti Wilasa Citarum di (024) 3542224-5 (Hunting) pswt 107 atau email di : humas.rspwc@gmail.com atau kontak hotline komunitas lansia di nomor +62856 4049 5555
 

Kidney Care Community

Kelompok Komunitas Peduli Kesehatan Ginjal / Kidney Care Community adalah sebuah komunitas yang beranggotakan para pasien hemodialisa, pasien penyandang gangguan ginjal, pasien dengan risiko ginjal, dan keluarga dari pasien penyandang gangguan ginjal serta para simpatisan. Komunitas ini didirikan sebagai media untuk bersosialisasi, memperoleh edukasi serta saling menguatkan dan saling berbagi antar anggotanya.

Informasi lebih lanjut tentang komunitas peduli kesehatan ginjal RS Panti Wilasa Citarum, bisa menghubungi bagian Customer Care RS Panti Wilasa Citarum di (024) 3542224-5 (Hunting) pswt 107 atau email di : humas.rspwc@gmail.com, bisa juga melalui unit hemodialisa di pswt 352.

Kelompok Dukungan Sebaya
 

Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) adalah sebuah komunitas terbatas yang beranggotakan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang beroleh pendampingan dari klinik VCT (Voluntarily Counseling and Testing) RS Panti Wilasa Citarum. Dalam komunitas ini para ODHA bisa saling berbagi dan saling menguatkan satu dengan yang lain tanpa merasa diintimidasi apalagi di stigmatisasi, karena selain kerahasiaannya sangat dijaga solidaritas antar anggota juga sangat kuat. Dalam pertemuan ini selain memperoleh kesempatan berbaur dengan sesama ODHA dan memperoleh pengetahuan lebih mendalam tentang HIV/AIDS, para anggota juga menggunakan pertemuan ini untuk memperoleh obat yang didistribusikan secara berkala oleh tim VCT RS Panti Wilasa Citarum.

Informasi lebih lanjut berkenaan dengan komunitas Kelompok Dukungan Sebaya RS Panti Wilasa Citarum, silakan menghubungi Tim VCT RS Panti Wilasa Citarum di nomor hotline VCT Clinic (024) 70255323.



© 2018 RS Panti Wilasa Citarum Semarang. All rights reserved //Dev BjTech V-1.0