Workshop Keperawatan “Nursing Care Saves Lives”

Kamis, 27 Februari 2014 - 06:59:11 WIB
Diposting oleh : Suko Dwi Nugroho
Kategori: Seputar Rumah Sakit - Dibaca: 88691 kali

Profesi keperawatan (paramedis) meskipun bagi kebanyakan orang seringkali dianggap sebagai profesi yang kedudukan lebih rendah dari profesi dokter (medis), namun tidak bisa disangkali bahwa posisi perawat dalam membantu pemulihan kesehatan pasien sangatlah besar. Hal ini dikarenakan perawat selalu ada di sekitar pasien selama 24 jam, dibanding dokter yang hanya berkunjung sekali sehari.

Dalam rangka meningkatkan kapabiltas dan kompetensi perawat dalam melakukan perawatan pasien, khususnya dalam menangani pasien sumbing baik bibir maupun langit langit, RS Panti Wilasa Citarum Semarang bekerjasama dengan The Smile Train, sebuah lembaga nirlaba berkedudukan di Amerika Serikat yang bergerak di bidang membantu pembiayaan operasi sumbing bagi masyarakat tidak mampu di seluruh dunia (tercatat 78 negara termasuk Indonesia), mengadakan workshop bagi perawat. Workshop yang diadakan di RS Panti Wilasa Citarum pada tanggal 26-28 Februari 2014 ini mengambil tema “Nursing Care Saves Lives”. Para peserta perawat yang berasal dari berbagai institusi yang bekerjasama dengan The Smile Train di wilayah Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta berkumpul untuk mengikuti workshop ini. Tercatat 28 orang peserta mengikuti kegiatan terbatas ini.

Uniknya, dalam workshop ini konsep dari perawat untuk perawat sangat terasa. Pasalnya mayoritas yang menjadi pembicara dalam workshop ini berasal dari kalangan perawat juga. Meskipun tercatat ada empat dokter yang juga menjadi narasumber dalam workshop ini, yaitu : dr. Karsono MW, Sp.BP ; dr. Rupii,Sp.An, KIC; dr. Susetyo, Sp.A dan dr. Andrew Hartono, namun secara umum para perawatlah yang menjadi pembicara. Selain memperoleh materi yang bersifat teori, para peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan apa yang mereka dalam bentuk praktek Basic Life Support menggunakan manekin, serta diskusi pada kasus yang ditampilkan oleh narasumber. Acara puncak dari workshop ini adalah diadakannya Live Surgery pasien sumbing pada hari terakhir pelatihan, dimana para peserta diajak untuk secara langsung menyaksikan proses operasi pasien sumbing anak.

dr. Susetyo, Sp.A, direktur RS Panti Wilasa Citarum dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya terhadap kerjasama yang selama ini terjalin antara RS Panti Wilasa Citarum dan The Smile Train terlebih disebutkan lebih dari 700 pasien telah terbantu dengan program ini semenjak kerjasama ini terjalin pada tahun 2008. Drs. Simon Tobing, MBA, selaku Country Director Smile Train Indonesia dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa smile train internasional akan segera memasuki jumlah pasien ke 1.000.000 dalam waktu dekat, beliau berharap bahwa pasien ke-1.000.000 berasal dari mitra di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari partisipasi para mitra smiletrain yang terus bekerja keras untuk membantu para pasien sumbing yang membutuhkan bantuan.

RS Panti Wilasa Citarum Semarang sendiri terus dengan komitmennya menjadi rumah sakit yang peduli kepada masyarakat yang membutuhkan, dan khusus untuk program operasi sumbing gratis bekerjasama dengan Smile Train akan terus dikerjakan tidak hanya di Semarang dan sekitarnya bahkan juga sampai luar kota dan luar pulau Jawa. Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan operasi sumbing gratis bisa menghubungi RS Panti Wilasa Citarum di (024) 3542224 pswt 255. (SkD)

 

link berita serupa :

http://www.lensaindonesia.com/2014/02/27/nursing-care-saves-lives-melatih-perawat-khusus-bibir-sumbing.html

http://www.waktunews.com/index.php/component/k2/item/201-rs-panti-wilasa-citarum-gelar-pelatihan-penanganan-pasien-bibir-sumbing



0 Komentar :

Customer Service Online

• Customer Care


YM : 09.00 s.d. 19.00 WIB
Jam Berkunjung

RUANG ANGGREK, BOUGENVILE, CEMPAKA, DAHLIA & FLAMBOYAN

Pagi : 10.00-13.00 WIB

Sore : 16.30-19.00 WIB

 

RUANG ICU & HCU

Pagi : 10.00-12.00 WIB

Sore : 17.00-19.00 WIB

 

RUANG PERISTI

Pagi : 10.00-11.30 WIB

Sore : 17.00-18.30 WIB


Promosi & Events Terbaru
 

LOGIN USER

Apakah Anda sudah menjadi Customer kami? Jika belum DAFTAR, di sini.

 
 
  • Username
  • Password